Contoh Tugas PKG - Gema Pantura Jaya

Breaking

Home Top Ad

PASANG IKLAN DISINI

13 September 2016

Contoh Tugas PKG

Nama Guru     : Iffah Rizkiyah Z, S.P.                          Tanggal Penilaian       : 7 Mei 2014
Nama penilai   : Drs. Khalimi                                       Tahun Pelajaran         : 2013 – 2014

Catatan Selama Pengamatan.
Tanggal
: 7 Mei 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
: Silabus, RPP, Program semester, Program tahunan, Perangkat Pembelajaran Lainnya.

Sebelum Pengamatan :

1. Wawancara dengan Guru IPA ( Iffah Rizkiyah Z, S.P )
2. Guru Menyusun Silabus
3. Guru Menyusun RPP
4. Guru menentukan KKM mata pelajaran
5. Guru membuat perangkat penilaian
6. Guru membuat rencana penilaian sesuai SK dan KD (Kisi-kisi dan soa;-soal Ulangan Harian)
7. Guru membuat perangkat pembelajaran lainya ( Jurnal, Buku nilai, Jadwal Mengajar, Absensi )

Kegiatan/Aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan :
1. Guru mengucapkan salam, dan siswa menjawab salam.
2. Guru menanyakan kehadiran siswa ( mengabsen )
3. Guru menanyakan materi yang kemarin dibahas sebagai motivasi yaitu mengapa mata sebagai alat optik
4. Guru meminta siswa mengangkat tangan sebelum menjawab pertanyaan guru.
5. Beberapa siswa mengangkat tangan.
6. Guru menunjuk salah satu siswa untuk  menjawab.
8. Siswa lain memperhatikan dengan seksama.
9. Guru menanggapi jawaban siswa dengan memberi penilaian.
10. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya bagi yang belum/ kurang memahaminya.
11. Ternyata ada beberapa siswa yang menanyakan jawaban temannya karena belum memahaminnya.
12. Guru mengulang menjelaskan materi yang ditanyakan siswa.
13. Guru menyuruh siswa untuk bergabung membentuk kelompoknya masing-masing untuk berdiskusi yaitu dengan materi diskusi kamera sebagai alat optik, bagian- bagian kamera dan bagaimana pembentukan bayangan benda pada kamera serta sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh kamera
14. Guru memberikan petunjuk dengan membagikan lembar diskusi, Guru mengamati siswa yang sedang berdiskusi.
15. Setelah masing- masing kelompok selesai diskusi, secara bergiliran menyampaikan hasil diskusi kelompok.
16. Guru menugaskan kelompok satu untuk mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
17. Kelompok lain mengamati sambil meneliti hasil diskusi dengan kelompoknya.
18. Setelah kelompok satu selesai mempresentasikan, guru menanyakan kepada kelompok lainya, apakah ada yang mau memberi tanggapan.
19. Sebagian besar siswa menjawab Betul.
20. Guru menanggapi dan memberi penilaian atau penghargaan : Ya, tepat sekali. Beri tepuk tangan untuk kelompok satu (kata guru). Semua siswa bertepuk tangan.
21. Dilanjutkan pada kelompok tiga guru  menugaskan salah satu siswa pada kelompok tiga untuk mewakili mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
22. Kelompok lain menjawab sama dengan hasil diskusi kelompok tiga
23. Guru menanyakan kebenaran hasil diskusi kelompok tiga
24. Siswa menjawab serempak betul,
25. Guru menanggapi dan memberi penilaian atau penghargaan : Ya, tepat sekali. Beri tepuk tangan untuk kelompok tiga (kata guru). Semua siswa bertepuk tangan.
26. Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan hasil diskusi pada pertemuan ini.
27. Siswa mencatat hasil diskusi yang telah disimpulkan
28. Pertemuan selesai, materi pembelajaran sudah disampaikan, guru menyampaikan materipembelajaran yang akan datang.
29. Guru memberi tugas (PR)
30. Guru mengucapkan salam, peserta didik menjawab salam
31. Guru berkemas- kemas dan meninggalkan kelas.

Setelah pengamatan :
1. Wawancara dengan beberapa siswa kelas VIII yang diajar oleh Iffah Rizkiyah Z, S.P.
2. Wawancara dengan beberapa dengan guru IPA teman sejawat Iffah Rizkiyah Z, S.P.
3. Wawancara dengan Iffah Rizkiyah Z, S.P. tentang hasil post test.

Tindak lanjut yang diperlukan :
1. Perlu melihat tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2. Perlu melihat hasil posttest
3. Perlu membandingkan catatan pengamatan dengan sistimatika pembelajaran pada RPP