Nama
Guru :
Iffah Rizkiyah Z, S.P. Tanggal
Penilaian : 7 Mei 2014
Nama penilai : Drs. Khalimi Tahun
Pelajaran : 2013 – 2014
Catatan Selama Pengamatan.
Tanggal
|
: 7 Mei 2014
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
: Silabus, RPP, Program semester, Program
tahunan, Perangkat Pembelajaran Lainnya.
|
Sebelum
Pengamatan :
1. Wawancara dengan Guru IPA ( Iffah
Rizkiyah Z, S.P )
2. Guru Menyusun Silabus
4. Guru menentukan KKM mata pelajaran
5. Guru membuat perangkat penilaian
6. Guru membuat rencana penilaian
sesuai SK dan KD (Kisi-kisi dan soa;-soal Ulangan Harian)
7. Guru membuat perangkat pembelajaran
lainya ( Jurnal, Buku nilai, Jadwal Mengajar, Absensi )
Kegiatan/Aktivitas
guru dan peserta didik selama pengamatan :
1. Guru mengucapkan salam, dan siswa
menjawab salam.
2. Guru menanyakan kehadiran siswa (
mengabsen )
3. Guru menanyakan materi yang kemarin
dibahas sebagai motivasi yaitu mengapa mata sebagai alat optik
4. Guru meminta siswa mengangkat
tangan sebelum menjawab pertanyaan guru.
5. Beberapa siswa mengangkat tangan.
6. Guru menunjuk salah satu siswa
untuk menjawab.
8. Siswa lain memperhatikan dengan
seksama.
9. Guru menanggapi jawaban siswa
dengan memberi penilaian.
10. Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk bertanya bagi yang belum/ kurang memahaminya.
11. Ternyata ada beberapa siswa yang
menanyakan jawaban temannya karena belum memahaminnya.
12. Guru mengulang menjelaskan materi
yang ditanyakan siswa.
13. Guru menyuruh siswa untuk
bergabung membentuk kelompoknya masing-masing untuk berdiskusi yaitu dengan
materi diskusi kamera sebagai alat optik, bagian- bagian kamera dan bagaimana
pembentukan bayangan benda pada kamera serta sifat-sifat bayangan yang
dibentuk oleh kamera
14. Guru memberikan petunjuk dengan
membagikan lembar diskusi, Guru mengamati siswa yang sedang berdiskusi.
15. Setelah masing- masing kelompok
selesai diskusi, secara bergiliran menyampaikan hasil diskusi kelompok.
16. Guru menugaskan kelompok satu
untuk mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
17. Kelompok lain mengamati sambil
meneliti hasil diskusi dengan kelompoknya.
18. Setelah kelompok satu selesai
mempresentasikan, guru menanyakan kepada kelompok lainya, apakah ada yang mau
memberi tanggapan.
19. Sebagian besar siswa menjawab
Betul.
20. Guru menanggapi dan memberi
penilaian atau penghargaan : Ya, tepat sekali. Beri tepuk tangan untuk
kelompok satu (kata guru). Semua siswa bertepuk tangan.
21. Dilanjutkan pada kelompok tiga
guru menugaskan salah satu siswa pada
kelompok tiga untuk mewakili mempresentasikan hasil diskusinya di depan
kelas.
22. Kelompok lain menjawab sama dengan
hasil diskusi kelompok tiga
23. Guru menanyakan kebenaran hasil
diskusi kelompok tiga
24. Siswa menjawab serempak betul,
25. Guru menanggapi dan memberi
penilaian atau penghargaan : Ya, tepat sekali. Beri tepuk tangan untuk
kelompok tiga (kata guru). Semua siswa bertepuk tangan.
26. Guru dan siswa bersama – sama
menyimpulkan hasil diskusi pada pertemuan ini.
27. Siswa mencatat hasil diskusi yang
telah disimpulkan
28. Pertemuan selesai, materi
pembelajaran sudah disampaikan, guru menyampaikan materipembelajaran yang
akan datang.
29. Guru memberi tugas (PR)
30. Guru mengucapkan salam, peserta
didik menjawab salam
31. Guru berkemas- kemas dan
meninggalkan kelas.
Setelah
pengamatan :
1. Wawancara dengan beberapa siswa
kelas VIII yang diajar oleh Iffah Rizkiyah Z, S.P.
2. Wawancara dengan beberapa dengan
guru IPA teman sejawat Iffah Rizkiyah Z, S.P.
3. Wawancara dengan Iffah Rizkiyah Z,
S.P. tentang hasil post test.
|
|
Tindak
lanjut yang diperlukan :
1. Perlu
melihat tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2.
Perlu melihat hasil posttest
3.
Perlu membandingkan catatan pengamatan dengan sistimatika pembelajaran pada
RPP
|
|

