CONTOH SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS BK - Gema Pantura Jaya

Breaking

Home Top Ad

PASANG IKLAN DISINI

13 April 2017

CONTOH SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS BK



logo-brebes-warna2.jpg
SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
logo_smp2_brebes.gif

GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK)
1.Nama Sekolah            : SMP Negeri 2 Kecamatan Brebes        
2.Nama Guru                 : ......................................................       
3.NIP                            : ......................................................       
4.Kelas                         : ......................................................       
5.Hari/ Tanggal              : ......................................................   
6. Jam Pelajaran Ke       : ......................................................

NO
KEGIATAN / KONDISI
RENTANG NILAI
PEROLEHAN NILAI
KETERANGAN
I
PERSIAPAN
25


1.          Program Tahunan dan Program semester
4


2.          Penyusunan Identifikasi Kebutuhan (Need Assesment)
4


3.          Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
6

4.          Buku Analisis, Evaluasi, dan Rencana Tindak Lanjut
5

5.          Menyusun instrumen/angket potensi, bakat, dan kecenderungan pendidikan lanjutan
3

6.          Menyusun instrumen penilaian ketercapaian tugas perkembangan
3

II
     A
KEGIATAN LAYANAN KLASIKAL


PENDAHULUAN
10


1.       Penampilan Guru
4

2.       Apersepsi dan Motivasi
4

3.       Penyampaian tujuan layanan
2

B
KEGIATAN POKOK
55


1.       Penguasaan materi layanan
4

2.       Penyampaian materi layanan terstruktur
4

3.       Membimbing, melatih, dan membina pengembangan diri minimal 150 peserta didik
3

4.       Membimbing, melatih, dan membina peserta didik agar mencapai tugas perkembangannya
4

5.       Membimbing dan melatih keterampilan belajar (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, menyaji, dan mencipta)
3

6.       Mendidik, membimbing, melatih, dan membina perilaku bersih, sehat, disiplin, tertib, dan taat terhadap ajaran agama.
4

7.       Pengembangan keterampilan peserta didik: pemecahan masalah, pemanfaatan lingkungan, pengambilan keputusan, kemandirian, dan tanggung jawab
4

8.       Menghubungkan materi layanan dengan budi pekerti/ kehidupan sehari-hari/ teknologi/ lingkungan sesuai dengan tugas perkembangan
4

9.       Menguasai dan mengelola kelas dengan baik
4

10.    Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
4

11.    Mendidik, melatih, membina, dan menilai karakter positif peserta didik
4

12.    Menilai pencapaian tugas perkembangan
4

13.    Membimbing dan membina peserta didik berkebutuhan khusus
3

14.    Berkoordinasi dengan wali kelas, guru matapelajaran, dan bidang kesiswaan dalam menindaklanjuti peserta didik tertentu yang memerlukan bimbingan dan pembinaan khusus
3

15.    Mengikuti kegiatan MGBK sekolah, kabupaten/kota, dan/atau provinsi serta pengembangan profesi lainnya
3



C
PENUTUP
10


1.       Refleksi kegiatan layanan
2

2.       Pelaksanaan layanan klasikal sesuai dengan waktu
2

3.       Mengakhiri kegiatan layanan dengan baik
2

4.       Mendata, mengolah, dan menyampaikan informasi tentang potensi dan karakteristik khusus peserta didik di kelas
1

5.       Mendata, mengolah, dan menyampaikan informasi tentang kecenderungan dan pilihan kelanjutan jenjang pendidikan peserta didik
1

6.       Merekap data keterlambatan dan ketidakhadiran peserta didik
1

7.       Menyusun laporan ketercapaian kompetensi dan tindak lanjut setiap peserta didik
1

JUMLAH
100


           

91 – 100 = A
  75 – 90 = B
  55 – 74 = C
       < 55 = K
 
             
            Kesimpulan       : ...........................................................
                                          ...........................................................
            Saran                : ...........................................................
                                       ...........................................................
           




Guru Bimbingan Konseling,                                                         Kepala Sekolah,



            .......................................................                                        


























logo-brebes-warna2.jpg
SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
logo_smp2_brebes.gif

GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK)
1.Nama Sekolah            : SMP Negeri 2 Kecamatan Brebes        
2.Nama Guru                 : ......................................................       
3.NIP                            : ......................................................       
4.Kelas                         : ......................................................        
5.Hari/ Tanggal              : ......................................................   
6. Jam Pelajaran Ke       : ......................................................

NO
INDIKATOR KOMPETENSI
RENTANG NILAI
NILAI
KETERANGAN
A   
PEDAGOGIK
18


1
Menguasai teori dan praksis pendidikan.
6

2
Mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli.
6

3
Menguasai esensi pelayanan BK dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikaan.
6

B
KEPRIBADIAN
28


1
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
8

2
Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian, individualitas dan kebebasan memilih.
8

3
Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat.
6

4
Menampilkan kenerja berkualitas tinggi.
6

C   
SOSIAL
22


1
Mengimplimentasikan kolaborasi internal di tempat bekerja.
8

2
Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi BK.
6

3
Mengimplimentasi kolaborasi antar profesi.
8

D
PROFESIONAL
72


1
Menguasai konsep dan praksis penilaian (assessment) untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli.
14

2
Menguasai kerangka teoritik dan praksis BK.
12

3
Merancang program BK.
8

4
Mengimplementasikan program BK yang komprehensif.
8

5
Menilai proses dan hasil kegiatan bimbingan dan konseling.
8

6
Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional.
14

7
Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam BK.
8


JUMLAH
140


           
91 – 100 = A
  75 – 90 = B
  55 – 74 = C
       < 55 = K
 
             
            Kesimpulan       : ...........................................................
                                          ...........................................................
            Saran                : ...........................................................
                                       ...........................................................
            Guru Bimbingan Konseling,                                                         Kepala Sekolah,



            .......................................................