![]() |
SUPERVISI
KUNJUNGAN KELAS
SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2016/2017 |
![]() |
GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK)
1.Nama Sekolah : SMP
Negeri 2 Kecamatan Brebes
2.Nama Guru :
......................................................
3.NIP : ......................................................
4.Kelas :
......................................................
5.Hari/ Tanggal :
......................................................
6. Jam Pelajaran Ke : ......................................................
|
NO
|
KEGIATAN
/ KONDISI
|
RENTANG
NILAI
|
PEROLEHAN
NILAI
|
KETERANGAN
|
|
I
|
PERSIAPAN
|
25
|
|
|
|
1.
Program Tahunan dan Program semester
|
4
|
|
|
|
|
2.
Penyusunan Identifikasi Kebutuhan (Need
Assesment)
|
4
|
|
|
|
|
3.
Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
|
6
|
|
||
|
4.
Buku Analisis, Evaluasi, dan Rencana Tindak
Lanjut
|
5
|
|
||
|
5.
Menyusun instrumen/angket potensi, bakat, dan
kecenderungan pendidikan lanjutan
|
3
|
|
||
|
6.
Menyusun instrumen penilaian ketercapaian tugas
perkembangan
|
3
|
|
||
|
II
A
|
KEGIATAN LAYANAN
KLASIKAL
|
|
|
|
|
PENDAHULUAN
|
10
|
|
|
|
|
1.
Penampilan Guru
|
4
|
|
||
|
2.
Apersepsi dan Motivasi
|
4
|
|
||
|
3.
Penyampaian tujuan layanan
|
2
|
|
||
|
B
|
KEGIATAN POKOK
|
55
|
|
|
|
1.
Penguasaan materi layanan
|
4
|
|
||
|
2.
Penyampaian materi layanan terstruktur
|
4
|
|
||
|
3.
Membimbing, melatih, dan membina pengembangan
diri minimal 150 peserta didik
|
3
|
|
||
|
4.
Membimbing, melatih, dan membina peserta didik
agar mencapai tugas perkembangannya
|
4
|
|
||
|
5.
Membimbing dan melatih keterampilan belajar
(mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, menyaji, dan mencipta)
|
3
|
|
||
|
6.
Mendidik, membimbing, melatih, dan membina
perilaku bersih, sehat, disiplin, tertib, dan taat terhadap ajaran agama.
|
4
|
|
||
|
7.
Pengembangan keterampilan peserta didik:
pemecahan masalah, pemanfaatan lingkungan, pengambilan keputusan,
kemandirian, dan tanggung jawab
|
4
|
|
||
|
8.
Menghubungkan materi layanan dengan budi pekerti/
kehidupan sehari-hari/ teknologi/ lingkungan sesuai dengan tugas perkembangan
|
4
|
|
||
|
9.
Menguasai dan mengelola kelas dengan baik
|
4
|
|
||
|
10.
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
4
|
|
||
|
11.
Mendidik, melatih, membina, dan menilai karakter
positif peserta didik
|
4
|
|
||
|
12.
Menilai pencapaian tugas perkembangan
|
4
|
|
||
|
13.
Membimbing dan membina peserta didik berkebutuhan
khusus
|
3
|
|
||
|
14.
Berkoordinasi dengan wali kelas, guru
matapelajaran, dan bidang kesiswaan dalam menindaklanjuti peserta didik
tertentu yang memerlukan bimbingan dan pembinaan khusus
|
3
|
|
||
|
15.
Mengikuti kegiatan MGBK sekolah, kabupaten/kota,
dan/atau provinsi serta pengembangan profesi lainnya
|
3
|
|
||
|
C
|
PENUTUP
|
10
|
|
|
|
1.
Refleksi kegiatan layanan
|
2
|
|
||
|
2.
Pelaksanaan layanan klasikal sesuai dengan waktu
|
2
|
|
||
|
3.
Mengakhiri kegiatan layanan dengan baik
|
2
|
|
||
|
4.
Mendata, mengolah, dan menyampaikan informasi
tentang potensi dan karakteristik khusus peserta didik di kelas
|
1
|
|
||
|
5.
Mendata, mengolah, dan menyampaikan informasi
tentang kecenderungan dan pilihan kelanjutan jenjang pendidikan peserta didik
|
1
|
|
||
|
6.
Merekap data keterlambatan dan ketidakhadiran
peserta didik
|
1
|
|
||
|
7.
Menyusun laporan ketercapaian kompetensi dan tindak
lanjut setiap peserta didik
|
1
|
|
||
|
JUMLAH
|
100
|
|
|
|
Kesimpulan :
...........................................................
...........................................................
Saran :
...........................................................
...........................................................
Guru Bimbingan Konseling, Kepala
Sekolah,
.......................................................
![]() |
SUPERVISI
KUNJUNGAN KELAS
SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2016/2017 |
![]() |
GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK)
1.Nama Sekolah : SMP
Negeri 2 Kecamatan Brebes
2.Nama Guru :
......................................................
3.NIP :
......................................................
4.Kelas :
......................................................
5.Hari/ Tanggal :
......................................................
6. Jam Pelajaran Ke :
......................................................
|
NO
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
RENTANG NILAI
|
NILAI
|
KETERANGAN
|
|
A
|
PEDAGOGIK
|
18
|
|
|
|
1
|
Menguasai teori
dan praksis pendidikan.
|
6
|
|
|
|
2
|
Mengaplikasikan
perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli.
|
6
|
|
|
|
3
|
Menguasai
esensi pelayanan BK dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikaan.
|
6
|
|
|
|
B
|
KEPRIBADIAN
|
28
|
|
|
|
1
|
Beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
|
8
|
|
|
|
2
|
Menghargai dan
menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian, individualitas dan kebebasan
memilih.
|
8
|
|
|
|
3
|
Menunjukkan
integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat.
|
6
|
|
|
|
4
|
Menampilkan
kenerja berkualitas tinggi.
|
6
|
|
|
|
C
|
SOSIAL
|
22
|
|
|
|
1
|
Mengimplimentasikan
kolaborasi internal di tempat bekerja.
|
8
|
|
|
|
2
|
Berperan dalam
organisasi dan kegiatan profesi BK.
|
6
|
|
|
|
3
|
Mengimplimentasi
kolaborasi antar profesi.
|
8
|
|
|
|
D
|
PROFESIONAL
|
72
|
|
|
|
1
|
Menguasai
konsep dan praksis penilaian (assessment)
untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli.
|
14
|
|
|
|
2
|
Menguasai
kerangka teoritik dan praksis BK.
|
12
|
|
|
|
3
|
Merancang
program BK.
|
8
|
|
|
|
4
|
Mengimplementasikan
program BK yang komprehensif.
|
8
|
|
|
|
5
|
Menilai proses
dan hasil kegiatan bimbingan dan konseling.
|
8
|
|
|
|
6
|
Memiliki
kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional.
|
14
|
|
|
|
7
|
Menguasai
konsep dan praksis penelitian dalam BK.
|
8
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
140
|
|
|
|
Kesimpulan :
...........................................................
...........................................................
Saran : ...........................................................
...........................................................
Guru Bimbingan
Konseling, Kepala
Sekolah,
.......................................................



